Tarif KM Sabuk Nusantara 46 Sunda Kelapa - Kepulauan Seribu Cuma Rp 15.000

Menteri Perhubungan (Menhub) Ignasius Jonan hari ini meresmikan kapal perintis KM Sabuk Nusantara 46. Kapal ini akan melayani rute Pelabuhan Sunda Kelapa di Jakarta Utara ke Kepulauan Seribu (PP). "Ini salah satu kapal yang tidak besar, yang digunakan untuk melayani Kepulauan Seribu dengan Pelabuhan Sunda Kelapa. Kita selenggarakan 1 kapal maka 1 hari 1 kali PP," kata Jonan saat peresmian KM Sabuk Nusantara 46 di Pelabuhan Sunda Kelapa, Jakarta, Kamis (28/1/2016).
Rute Sunda Kelapa-Kepuluauan Seribu PP ditempuh dalam waktu 8 jam, yaitu 4 jam berangkat dan 4 jam pulang. Selain itu, KM Sabuk 46 memiliki kapasitas 114 penumpang dan 100 ton barang. Tapi, apabila tak mengangkut barang, maka KM Sabuk Nusantara 46 mampu mengangkut 225 orang. "Nah, makanya kita sediakanlife vestada 225. Tolong jangan diisi lebih dari itu. Saya nggak mau kapal ini jadi kapal nggak aman," kata Jonan.


Pemerintah juga memberikan subsidi sebesar Rp 5,9 miliar untuk ongkos kapal sehingga penumpang cukup membayar Rp 12.000 sekali jalan ditambah biaya asuransi. Jonan menambahkan, penentuan dari mana kapal itu mulai berangkat akan diatur oleh Dinas Perhubungan DKI Jakarta bersama Kepala Syahbandar di Pelabuhan Sunda Kelapa.

Rencananya, Kementerian Perhubungan akan menambah 1 kapal lagi sehingga bisa berangkat dari Pelabuhan Sunda Kelapa maupun Kepulauan Seribu.

Pemerintah memberi subsidi sebesar Rp 5,9 miliar untuk ongkos angkut penumpang kapal KM Sabuk Nusantara 46. Dana itu berasal dari anggaran Public Service Obligation (PSO) Kemenhub dari DIPA pada Satuan Kerja Sunda Kelapa, Ditjen Perhubungan Laut Kemenhub. Alhasil, penumpang hanya perlu membayar Rp 15.000 per orang sekali jalan ke Pulau Seribu. Menteri Perhubungan (Menhub), Ignasius Jonan ,merinci biaya Rp 15.000 itu terdiri dari ongkos tiket Rp 12.000 per orang ditambah biaya asuransi Rp 3000. "Jadi total sekitar Rp 15.000 sekali jalan. Mau turun di pulau mana pun Rp 15.000. Rp 15.000 mahal atau murah," kata Jonan saat peresmian KM Sabuk Nusantara 46 di Pelabuhan Sunda Kelapa, Jakarta, Kamis (28/1/2016).

Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) menambahkan, kapal itu akan beroperasi setiap hari mulai pukul 07.00 dari Pelabuhan Sunda Kelapa menuju 3 pulau di Kepulauan Seribu. "Sampaikan ke masyarakat Jakarta yang mau ke Pulau Seribu, sekarang ada kapal yang langsung ke Pulau seribu. Rutenya, Untung Jawa-Tidung-Kelapa," kata pria yang beken dipanggil Ahok itu.

0 komentar: